December 2, 2021

Website UA MJ

Website Gaya Hidup dan Informasi UA MJ

Tips Menghindari Belanja Implusif, Mulai dari Buat Daftar Belanja hingga Bawa Uang Secukupnya

2 min read

Kemudahan dalam berbelanja rupanya memiliki dampak yang cukup negatif. Terutama untuk mereka yang memiliki perilaku implusif. Mereka yang punya perilaku implusif cenderung sering berbenja secara spontan dan berlebihan.

Terlebih lagi bagi mereka yang menjadikan kegiatan berbelanja menjadi aktivitas penghibur dan pelepas stres. Kebiasaan itu tentu berdampak negatif pada keuangan kita. Umumnya, orang yang berbelanja secara impulsif membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu mereka butuhkan.

Maka tak jarang pada akhirnya mereka merasa menyesal telah membeli barang tersebut karena jarang atau bahkan tidak pernah terpakai. Hal hal seperti ini yang membuat aktivitas belanja impulsif itu harus dihindari. Nah, untuk kamu yang seringkali mengalami masalah serupa, berikut ini tips berikut untuk mengurangi kebiasaan belanja impulsif yang bisa kamu terapkan.

Sebelum berbelanja, pastikan kamu sudah membuat daftar kebutuhan terlebih dahulu. Pisahkan antara kebutuhan dengan keinginan. Dengan begitu, sampai di tempat perbelanjaan kamu bisa lansung mencari produk produk yang dibutuhkan.

Untuk menghindari lapar mata, kamu bisa langung menuju tempat barang barang kebutuhanmu. Dengan daftar belanja yang telah kamu buat, kamu bisa memperkiraan berapa uang yang harus disiapkan. Jadi, sebaiknya bawa uang secukupnya saja.

Agar tidak tergoda saat lapar mata, tinggalkan kartu debit dan kreditmu. Jangan sampai kecolongan dan akhirnya menyesal. Biasanya seseorang akan menjadi sangat konsumtif ketika ia tengah dalam kondisi emosional tertentu.

Contohnya saat sedih, orang cenderung akan memanjakan dirinya. Akhirnya mereka tanpa sadar membeli apapun yang ia sukai untuk menghibur diri. Tentu saja hal ini tidak terjadi saat seseorang sedih saja, saat marah atau sangat senang sekali pun belanja impulsif bisa saja terjadi.

Maka dari itu, hindari berbelanja dalam situasi emosional tersebut. Tips mencegah perilaku belanja implusif selanjutnya adalah dengan mengingat kembali tujuan keuanganmu. Terlebih jika kamu perlu menyisihkan pendapatan untuk tabungan, maka kamu perlu benar benar membatasi pengeluaran yang kurang bermanfaat.

Jika kamu mengingat tujuan keuanganmu, maka akan memengaruhi perilaku pembelianmu. Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan membatasi akses e commerce. Tak bisa dipungkiri, banyak dorongan yang dapat diberikan oleh e commerce untuk membuatmu melakukan impulsive buying.

Kemudahan ini membuat orang yang punya perilaku implusif tak berpikir panjang kala membeli suatu barang. Untuk itu, kamu perlu membatasi akses terhadapnya. Salah satu triknya adalah berbelanja saat ada diskon atau flash sale.

Di Tokopedia, kamu bisa memanfaatkan program untuk memenuhi kebutuhanmu. Ada kejar diskon yang sayang untuk dilewatkan. Saksikan juga , tiap tanggal 25 tiap bulannya.

Adalah program TV bulanan dari Tokopedia yang hadir untuk membuka program Waktu Indonesia Belanja. Program ini diatayangkan di statiun TV swasta dan YouTube Tokopedia. Dipandu oleh MC profesional dan dimeriahkan oleh bintang bintang ternama Tanah Air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.