December 1, 2021

Website UA MJ

Website Gaya Hidup dan Informasi UA MJ

Setelah Beli Tiket Kereta Surabaya Jogja, Mari Simak Tips Bepergian dengan Lansia

2 min read

Sejak pandemi terdapat kebijakan yang harus dipenuhi penumpang kereta, hal ini perlu diketahui sebelum membeli tiket kereta Surabaya Jogja. Jika Anda ingin membawa lansia bepergian dengan kereta api, maka ada beberapa hal yang perlu disimak, sebagai berikut.

1. Penentuan Jadwal KRL

Bagi lansia lebih dari 60 tahun bisa menaiki KRL dari pukul 10.00 sampai pukul 14.00. Karena  momen ini dinilai di luar jam sibuk, tujuannya yaitu meminimalisir kaum lansia dari risiko kontak maupun kerumunan.

2. Membawa Sertifikat Vaksin

Lansia perlu menunjukkan sertifikat vaksin sebelum menaiki KRL atau kereta jarak jauh, minimal dosis pertama, sertifikat ini bisa ditunjukkan secara fisik atau lewat aplikasi PeduliLindungi. Jika tidak bisa divaksin karena alasan medis, bisa menyertakan surat keterangan resmi dari dokter di rumah sakit maupun puskesmas.

3. Memeriksa Kesehatan Terlebih Dahulu

Jika ingin membawa lansia untuk perjalanan kereta yang cukup jauh, maka Anda bisa memeriksakan kesehatan lansia terlebih dahulu. Khususnya lansia yang berusia lebih dari 65 tahun, perjalanan bisa ditunda terlebih dahulu, jika kondisi tubuh lansia tidak baik.

4. Menerapkan Protokol Kesehatan

Penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker ganda, jaga jarak, serta cuci tangan sebelum atau setelah naik kereta. Penumpang kereta api dihimbau untuk tidak bercakap-cakap untuk mencegah keluarnya droplet.

5. Membawa Perbekalan Cukup

Menempuh perjalanan kereta yang cukup jauh dengan lansia, menjadikan Anda harus mempersiapkan makanan maupun minuman dengan mempertimbangkan nilai gizinya. Misalnya, membawa biskuit, buah-buahan, salad, tidak lupa air putih yang banyak untuk mencegah dehidrasi.

6. Membawa Obat-obatan

Anda perlu membawa obat-obat umum dan obat khusus, jika lansia yang diajak naik kereta memiliki riwayat penyakit tertentu. Obat-obatan umum seperti minyak kayu putih, obat mual, obat diare, obat pusing, kotak p3k, dan sebagainya.

Setelah membeli tiket kereta Surabaya Jogja dan berencana membawa lansia, maka perlu mempersiapkan keperluan untuk lansia secara lengkap. Tidak lupa memeriksa kondisi kesehatan lansia terlebih dahulu atau berkonsultasi dengan dokter, untuk persiapan perjalanan yang terbaik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.