October 4, 2022

Website UA MJ

Website Gaya Hidup dan Informasi UA MJ

Perbedaan Kokain dan Sabu

3 min read

Salah satu penyebab utama narkoba (narkoba dan obat-obatan berbahaya) dicap sebagai obat-obatan terlarang karena berbahaya bagi tubuh. Selain menimbulkan kecanduan, narkoba juga banyak menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jika sudah terlanjur kecanduan, seseorang akan sangat sulit lepas dari pengaruh narkoba. Jadi, sebaiknya jauhi semua jenis narkoba ya. Dalam bentuk dan jenis apapun, narkoba tetap berbahaya bagi tubuh.

Metamfetamin, juga dikenal sebagai sabu, adalah narkotika yang sangat adiktif. Ini adalah putih, tidak berbau, pahit, dan kristal. Hasil survei BNN menunjukkan sabu sebagai obat peringkat ke-2 yang paling sering dikonsumsi masyarakat di Indonesia.

Di antara berbagai efek metamfetamin pada tubuh, obat ini juga dapat menyebabkan masalah jantung, termasuk detak jantung yang cepat, detak jantung yang tidak teratur, dan peningkatan tekanan darah.

Jika dalam tahap overdosis, metamfetamin akan menyebabkan kejang-kejang, peningkatan suhu tubuh dan kematian. Namun, pecandu sabu yang tiba-tiba berhenti menggunakan sabu, baik karena tidak memiliki akses ke shabu atau karena ingin berhenti, biasanya juga akan melalui fase yang disebut sakau atau sakaw.

Apa saja gejala kecanduan narkoba?

Sakau metamfetamin adalah gejala tubuh yang terjadi akibat penghentian penggunaan metamfetamin secara tiba-tiba, atau akibat penurunan dosis metamfetamin secara drastis sekaligus.

Gejala kecanduan narkoba bisa sama kuatnya dengan saat kecanduan. Seperti jenis narkoba lainnya, pengguna metamfetamin akan mengalami dua jenis gejala: emosional dan fisik. Orang yang kecanduan metamfetamin biasanya akan mengalami gejala emosional berikut:

  • Nafsu makan meningkat
  • Depresi (umumnya resisten terhadap obat-obatan terkait)
  • Perubahan suasana hati (iritabilitas, perilaku berbahaya)
  • Sulit berkonsentrasi
  • Mengidam metamfetamin
  • paranoid
  • Psikosis (rawan skizofrenia)
  • halusinasi
  • Khawatir
  • Grogi
  • Tidur terlalu lama dan sering, terlalu dalam sulit dibangunkan, siklus tidur terganggu
  • Kecenderungan bunuh diri

Sedangkan Kokain adalah narkotika dan obat-obatan berbahaya. Apabila disalahgunakan, obat golongan stimulan ini dapat menimbulkan efek adiktif atau adiktif yang tidak hanya berdampak pada fisik, tetapi juga efek psikologis pemakainya. Bahkan, penyalahgunaan kokain juga bisa berujung pada kematian.

Kokain berasal dari ekstrak daun tanaman Erythroxylum coca atau dikenal juga dengan daun coca. Tanaman ini banyak tumbuh di Amerika Selatan dan telah lama digunakan oleh masyarakat setempat untuk ritual keagamaan dan untuk menambah stamina.

Kokain adalah obat yang dibuat dari tanaman koka. Efek stimulan yang ditimbulkan oleh kokain dapat mempengaruhi otak untuk melepaskan dopamine, yaitu hormon yang dapat menimbulkan perasaan senang dan gembira. Karena itulah obat ini sering digunakan oleh orang yang sedang depresi untuk memperbaiki moodnya.

Ini dapat digunakan dengan injeksi atau inhalasi. Saat memasuki aliran darah, kokain dibawa ke paru-paru dan ke otak. Efek sampingnya cukup berbahaya, seperti membuat detak jantung meningkat, memicu kerusakan jantung, sakit perut dan mual, kerusakan saraf indera penciuman dan pengecap. Selain itu, pecandu kokain sangat rentan tertular AIDS dan hepatitis C karena berbagi jarum suntik.

Dengan mengikuti rehabilitasi narkoba, penyalahguna bisa mendapatkan kesempatan pemulihan yang lebih baik. Rehabilitasi narkoba sendiri merupakan proses pemulihan seseorang untuk kembali ke keadaan semula dan menghilangkan efek ketergantungan.

Rehabilitasi Narkoba sendiri meliputi tindakan dalam rangka memulihkan nama baik seseorang, berdasarkan Undang-Undang Presiden Republik Indonesia berhak memberikan grasi dan rehabilitasi.

 

Untuk Rehabilitasi Narkoba Anda bisa langsung mengunjungi Rehabilitasi Narkoba gratis di Jakarta untuk program pemulihan. Rehabilitasi Narkoba di Bogor dengan pelayanan dengan fasilitas premium, serta Rehabilitasi Narkoba di dekat Depok dengan program yang terpercaya dan bersertifikat. Jika Anda sedang mencari program rehabilitasi narkoba di Bekasi, tidak perlu jauh-jauh ke Ashefa saja!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.