October 4, 2022

Website UA MJ

Website Gaya Hidup dan Informasi UA MJ

Inilah Perkembangan Anak Usia 3 Tahun

2 min read
perkembangan anak usia 3 tahun

Ketika anak anda memasuki usia 3 tahun atau lebih, anda akan mengetahui banyak perubahan yang terjadi pada anak anda. Baik itu dalam hal fisik dan motorik pada anak.

Lalu, apa saja sih kira kira perkembangan anak usia 3 tahun yang seharusnya terjadi pada anak usia itu. Berikut penjelasannya.

Kemampuan Motorik Kasar

Dari sisi kemampuan motorik kasar, anak usia 3 tahun umumnya sudah bisa berjalan bahkan bisa berlari larian kecil tanpa terjatuh meskipun misalnya jalanan kurang rata dan terdapat beberapa hambatan.

Selain itu, dari sisi keseimbangan anak usia 3 tahun sudah bisa naik tangga secara mandiri dan juga mampu meloncat pada undakan undakan yang sifatnya kecil.

Dalam hal lain, ia juga seharusnya sudah bisa mengayuh sepeda roda 3 dan menjalankannya secara mandiri.

Kemampuan Motorik Halus

Selain kemampuan motorik kasar, anak kecil usia 3 tahun juga mengalami perkembangan dalam motorik halus. Diantaranya ia biasanya sudah bisa menjalankan aktivitas harian secara sendiri. Misalnya ketika ia makan.

Selain itu, ia juga sudah bisa memegang pensil dengan benar dan menggambar pada buku gambar meskipun mungkin dari sisi kerapihan masih belum terbentuk.

Kemampuan Emosional dan Sosial

Dari sisi lain, anda akan melihat anak usia 3 tahun anda mengalami peningkatan dalam hal sosial dan emosional. Hal ini ditandakan dengan aktivitas aktivitas mandiri yang bisa dilakukannya tanpa memerlukan bantuan dari anda ataupun orang lain.

Adapun, contoh contoh aktivitas tersebut diantaranya adalah mencuci tangan secara mandiri, mengelap tangan, menuangkan sabun, menggunakan alat makan seperti sendok dan garpu dengan baik tanpa bantuan orang lain.

Di usia ini, anak akan lebih mandiri dan seiring perkembangan waktu nanti ia akan bisa lebih mandiri lagi dalam melakukan sesuatu apapun.

Nah, itulah tadi artikel singkat tentang perkembangan anak usia 3 tahun dalam hal perkembangan motorik, baik itu motorik kasar dan juga halus.

Selain dari sisi perkembangan motorik, anak 3 tahun juga pasti akan mengalami perkembangan dalam bentuk fisik dan berbagai perkembangan bentuk lainnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.